Sabtu, 08 Maret 2014

PRINTER BARU YANG SUSAH UNTUK DIINFUS......

Penulis akan berbagi pengalaman seputar jenis printer terbaru di awal 2014, baik itu printer jenis Canon maupun HP terutama jenis printer multifunction (Print, Copy, Scan). Produk Canon Mengeluarkan jenis MG2470 dan MG2570 sedangkan HP mengeluarkan jenis HP1510 dan HP 1515. Diantara kedua vendor tersebut sama-sama mengeluarkan jenis printer yang susah diinfus. 

Tapi kali ini penulis akan membahas antara jenis MG2570 dengan HP1515.
Sebenarnya kedua jenis printer di atas baik bentuk fisik, mekanik, maupun mekanisme roll penaik kertasnya hampir sama. Penulis kadang bertanya-tanya kenapa canon yang bertahun-tahun mengeluarkan jenis printer multifunction yang bisa diinfus, namun untuk printer jenis MG2570 dirancang tidak bisa untuk diinfus. Ada apa ini....?

Sedangkan untuk vendor HP memang dari awal mengeluarkan produk printernya memang tidak untuk diinfus. 









Perbedaan kedua produk tersebut :
CANON MG2570 :
1. Printer Canon sudah tercipta image di pasaran sangat dominan
2. Harga cartridge jenis MG2570 terbilang lebih mahal
3. Sangat susah untuk diinfus
4. Cartridge lebih bandel daripada pendahulunya 810/811 (pengalaman penulis)

HP 1515 :
1. Printer HP image-nya di pasaran tidak begitu dominan (ndak tau klo di tempat lain)
2. Harga cartridge lebih murah
3. Cartridge ada proteksinya (bisa jadi momok klo salah pilih)
4. Masih lebih mudah diinfus dari pada jenis MG2570

Dengan kondisi seperti ini customer yang terbiasa dengan printer infus sangat kebingungan dengan dikeluarkannya printer multifunction yang tidak bisa diinfus. Jika dipaksakan untuk diinfus resiko kerusakan pada printer akan lebih besar. Kerusakan yang sering terjadi bila dipaksakan untuk diinfus, printer akan sering banjir atau bahkan tidak keluar tulisan saat dipakai buat ngeprint. Yang lebih fatal lagi printer ini akan cepat mengalami error 5B00. Kenapa bisa error 5B00, 5B00 adalah proteksi Eeprom mainboard, dimana error ini muncul dikarekan printer ini sering di Cleaning padahal secara fisik tidak bisa melakukan cleaning, sedangkan perhitungan counter akan berjalan terus. Error 5B00 pada MG2570 belum bisa direset pakai software Adjustment karena software ini belum bisa menembus proteksi EEPROM-nya. Jalan satu-satunya untuk mengatasi error 5B00 pada MG2570 adalah dengan cara ganti IC EEPROM-nya.
Demikian coretan seputar kedua printer diatas, semoga bisa jadi patokan jika ingin membeli printer. Dalam arti penulis tidak bermaksud menaikkan maupun menurunkan image sebuah produk printer. Ini hanya sekedar coretan penulis untuk pengguna setia printer yang beredar di pasaran.

Semoga bermanfaat bagi pembaca, klo ada yang kurang pas tolong dikoreksi ya......!!!

* MELAYANI SERVIS EPROM UNTUK PRINTER MG2470/2570 YG TIDAK BISA DIRESET *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar